
Sebagai perusahaan penyedia Jasa bisnis dan Marketing, Mark Net® - terlebih dahulu dengan ini mengenalkan klien utama kami yakni Kencana Group - yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam bisnis sebagai Perusahaan Prinsipal. Dengan kegiatan utama memasarkan barang para vendor (pabrikan, pengrajin dan penghasil barang lainnya), prinsipal memiliki hak paten merk, desain, perijinan dan berbagai product selling point lainnya . Vendor telah mempercayakan barang-barang yang mereka buat untuk diberi merk, standar mutu serta legalitasnya oleh perusahaan klien kami tersebut. Maka, kini, jadilah Kencana Group suatu kelompok Perusahaan Prinsipal dari 9 ( sembilan ) merk produk-produk - yang hampir kesemua produk tersebut tergolong memiliki diferensiasi (unik dan bernuansa sehat ) sehingga, memiliki prospek kuat mendapat brand awreness dan dikenal konsumen. Dengan kekuatan diferensiasi itu, produk memberi angka penjualan yang tinggi dan keuntungan kepada kedua pihak ( prinsipal maupun vendor).Menjadi perusahaan prinsipal dari berbagai katagori produk memang menjadi keahlian klien kami, Kencana Group tersebut. Sejak tahun 1994, memulai dengan CV Sinar Kencana pada katagori produk pupuk majemuk tablet Gramalet® . Kini pupuk Gramalet® ini telah dikenal dan memiliki pelanggan loyal serta setia di berbagai wilayah sasaran pasar sebagaimana ditetapkan sebelumnya. Bahkan dengan dukungan sarana bisnis dan sarana pemasaran yang disediakan Mark Net - diantaranya berupa internet access 24 jam - dengan koneksi LAN Dedicated berkecepatan tinggi, peralatan digital memadai, penyiapan video conference services serta sarana mobilitas kendaraan angkutan penumpang dan barang - memungkinkan Sinar Kencana bergerak lebih cepat dan efisien dan serta merta memiliki banyak artikel yang dijalankan oleh beberapa perusahaan berbeda dibawah payung kelompok Kencana tersebut. Sarana bisnis dimaksud, walaupun masih satu kepemilikan, bukan bagian dari manajemen Kencana Group. Sarana bisnis ini dikelola secara profesional oleh manajemen tersendiri dengan nama MarkNet®, sementara Kelompok Usaha Kencana melakukan outsorcing atas pekerjaan-pekerjaan promosi, digital, translation, angkutan barang dan personal serta berbagai kegiatan penunjang kelancaran bisnis prinsipal lainnya kepada kami. Dengan adanya Mark Net®, di usia 10 tahun sebagai perusahaan prinsipal, Kencana akan makin terus berusaha mengembangkan dan mencapai visi sebagai perusahaan prinsipal terbesar di Indonesia. Mereka bertekad untuk hidup dan berkembang sesama usahawan kecil menengah (UKMK) dan mikro yang menjadi vendornya. Ikhtiar dan cita-citanya adalah berkembang bersama sesama UKMK dan mikro, diantaranya dengan strategi menambah terus menerus berbagai katagori produk baru terpilih, sehingga lebih banyak lagi - dari jumlah Sekarang sebanyak 9 katagori produk.Berbagai produk tersebut mereka kembangkan brand awareness-nya di mata konsumen melalui kegiatan pameran, iklan dan promosi. Pada saat ini saja terdapat beberapa katagori baru, diantara 3 poduk baru, 2 diantaranya tergolong sebagai produk yang unik atau khas. Produk aneka makanan kecil (unique snack food) AkuOke® dan herbal Prima® adalah contoh calon produk yang akan berkembang walaupun ditengah kompetisi dengan produk impor. Aneka artikel produk dimaksud diharapkan mampu bersaing karena dibuat para usahawan mikro yang tangguh. Diharapkan tangguh karena tidak bergantung pada bahan baku impor, melainkan pada ketersediaan bahan baku setempat dimana UKMK dan usaha mikro berada. Demikian juga halnya produk baru komposter atau bio reaktor untuk mengolah sampah menjadi kompos dengan merk Green Phoskko® kini sedang diminati pelanggan di beberapa kota di Indonesia - khususnya kota yang terkena masalah sampah. Produk komposter ini juga tergolong unik, karena dianggap memiliki diferensiasi dan aktual karena relevan dengan kebutuhan masyarakat di kota -yang umumnya kini memiliki masalah sampah sebagai akibat makin terbatasnya lahan TPA. Berdasar penilaian kami atas perkembangan angka penjualan, pertumbuhan karyawan serta agen, klien kami tersebut kami anggap telah cukup sukses. Dengan keberhasilan tersebut, kami, Mark Net® - sebagai penyedia jasa-jasa bisnis dan marketing- tentu saja merasa bangga. Kini, dengan pengalaman tersebut kami ingin berbagi dengan rekan-rekan usahawan lain yang memiliki minat sama pada penyedia layanan bisnis. Usahawan kecil - menengah yang telah memiliki tempat, seperti Warung Internet ( Warnet ) dan atau wartel type besar di lokasi strategis di berbagai kota di Indonesia, dan masih memiliki space minimal 30 m2 untuk kami gunakan display dan meja Front Desk, layak menjadi mitra kami dalam membangun Mark Net®. Kerjasama pengembangan Mark Net® dapat dipilih melalui 2 (dua) model, yakni :1. KERJASAMA INVESTASI Kami menyediakan berbagai produk dari Klien kami ( saat ini sekitar 100 artikel) di tempat warnet anda dengan dukungan sales supervisor dan beberapa sales eksekutif klien kami berada di tempat anda. Dengan demikian, pemasaran produk atas biaya investasi dan modal kerja sepenuhnya kami sendiri. Dari realisasi penjualan akan kami bagi ( sharing ) anda berupa prosentase tertentu, 2. KEJASAMA SECARA FRANCHICE.Dalam model ini kami bertindak sebagai Pewaralaba ( franchisor), yakni penyedia sistem dan standar prosedur manajemen bisnis, software aplikasi program kasir dan penjualan, penyedia artikel produk ( saat ini berkisar 100 artikel) dan standar desain interior tempat usaha serta promosi; sementara investasi dan modal kerja sepenuhnya anda sendiri. Pada model kerjasama pertama, Warnet anda setidakmya akan diuntungkan oleh penerimaan komisi dari realisasi penjualan artikel produk, juga akan mendapatkan penerimaan dari jasa internet access dari para sales kami -yang memang diharuskan online terus menerus - disamping juga anda akan diuntungkan oleh dampak promosi Mark Net® sehingga akan menambah pelanggan warnet anda. Tentu saja korbanan atau sharing anda adalah menyediakan space untuk rak display dan meja kerja aparat kami, pada luasan minimal 30 m2, di tempat anda tanpa dihitung lagi sebagai sewa. Sementara model kedua, keuntungan sepenuhnya milik anda sebagai investor - yang bertindak menjadi pembeli waralaba ( franchesse ) - namun, sebagaimana lazimnya sebagai franchisse, anda harus mengeluarkan modal bagi semua keperluan investasi pendirian Mark Net® dengan mengikuti standar peralatan, lokasi dan interior yang telah ditetapkan.Atas gagasan dan ide kerjasama pengembangan Mark Net® ini diharapkan menjadi kebutuhan rekan-rekan pengusaha warnet. Terutama disaat sekarang, ketika meningkatnya biaya warnet sebagai akibat pemberlakuan UU HAKI serta dampak dari dijalankannya siasat bisnis perusahaan software Multi Nasional melalui ketentuan sewa software atau EULA ( End User License Agreement) yang terasa telah memberatkan biaya Warung Internet di Indonesia, ajakan menambah pendapatan melalui pendirian Mark Net® tentu relevan guna menambah pendapatan warnet-warnet di seluruh Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar